Selasa, 14 Desember 2010

Keep My Culture

Kata "Budaya" pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tetapi masih ada beberapa orang yang tidak tahu apa arti kata Budaya tersebut. Nah, sekarang apa yang dimaksud dengan Budaya? Budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari Buddhi, atau dapat diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Sedangkan definisi dari Budaya sendiri adalah suatu cara hidup yang berkembang dan diimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Sekarang bagaimana sikap kita atau respon orang terhadap budaya? itu semua tergantung dengan dengan SDMnya itu sendiri. sangat disayangkan bahwa SDM Indonesia masih banyak sekali yang masih tidak menghargai budayanya sendiri. Padahal budaya itu adalah salah satu kekayaan bangsa yang harus dihargai dan dilindungi karena tidak ada habisnya. Tambang minyak ada habisnya, begitupun tambang emas. Tetapi budaya tidak akan ada habisnya dan harus dilestarikan dengan baik.

Masih ada banyak Warga Negara kita yang lebih mengutamakan budaya luar ketimbang melestarikan budayanya sendiri. Maka tidak heran, jika budaya kita dengan mudah diklaim dengan negara lain. Malaysia sebagai contohnya. beberapa budaya kita telah diklaim sebagai budaya yang lahir Negeri Jiran ini. Setelah adanya klaim dari Malaysia, baru seluruh elemen dari Warga Negara Indonesia sibuk mencaci maki Malaysia. Padahal jika kita koreksi kembali, besarkah rasa cinta tanah air kita terhadap budaya kita? dan apakah budaya kita ini sudah betul-betul dijaga dan dilestarikan?

Maka dari itu, kita GENERASI MUDA, harus wajib menjaga dan belajar mencintai budaya Indonesia yang kaya. Karena budaya merupakan cerminan dan ciri khas yang menunjukan kepribadian bangsa kita!

2 comments:

yupz.. Setuju gan, para pemuda kitalah yg berkewajiban melestarikan budaya warisan nenek moyang kita :g:

Ya, kita harus bergerak ke depan tuk lebih mencintai budaya Indonesia..!
maaf gan, baru bs bls, cz lagi sibuk.. :n:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More