Kamis, 03 Februari 2011

Fisik Ilusi


Fatamorgana adalah ilusi alami yang merupakan fenomena optik. Hal ini dihasilkan oleh pantulan cahaya ketika melewati ke dalam lapisan udara panas terletak dekat dengan permukaan tanah dipanaskan (dikenal sebagai inversi suhu). Di padang pasir, fatamorgana bisa menciptakan ilusi sebuah danau di kejauhan (yang sebenarnya gambar langit yang dipantulkan oleh udara panas (lapisan inversi suhu).

Fatamorgana yang paling sering diamati adalah fatamorgana inferior, yang biasanya dilihat sebagai sebuah patch mengkilap pada permukaan yang panas yang merupakan refleksi dari langit. Summer sinar matahari bisa meningkatkan suhu permukaan yang terbuka sebanyak 80 ° C atau lebih dari udara tidak jauh di atasnya. Sebuah gradien suhu yang kuat didirikan tepat di atas permukaan, dan dengan itu lapisan yang relatif tipis kepadatan berkurang.

 Inferior Mirage

 Formation of inferior image

Udara normal kecuali lapisan tipis dipanaskan, sehingga kebanyakan sinar garis lurus, tapi kuat melengkung ke atas di lapisan dipanaskan. Sebuah objek AB tampaknya pengamat di O tercermin di A'B ', terbalik dan di bawah cakrawala, di depan kolam bersinar yang merupakan refleksi dari langit. Kecuali untuk inversi, objek tersebut tidak terdistorsi. Perhatikan bahwa sinar ke atas dan bawah objek disilangkan. Ini penyeberangan diperlukan untuk menghasilkan refleksi. Objek AB juga terlihat dengan sinar langsung dengan cara biasa. Hal ini tidak sangat luar biasa untuk melihat gambar terbalik seperti itu, tapi dalam banyak kasus tidak ada yang akan dicitrakan, jadi kolam bersinar dari langit terlihat. The fatamorgana inferior dengan geometri ini sering terlihat saat mengemudi di musim panas, dan mobil depan dapat dilihat tercermin di dalamnya.

Sebuah fatamorgana superior terjadi ketika udara di bawah garis pandang adalah lebih dingin dari yang di atas. Hal ini disebut inversi suhu, karena tidak mewakili keseimbangan gradien suhu normal atmosfer. Karena dalam hal ini sinar cahaya membungkuk, gambar muncul di atas obyek yang benar, maka nama atasan. Mereka pada umumnya kurang umum daripada fatamorgana inferior, tetapi ketika mereka lakukan terjadi mereka cenderung akan lebih stabil, karena udara dingin tidak memiliki kecenderungan untuk bergerak ke atas dan udara hangat ada kecenderungan bergerak ke bawah.


Superior mirage - photo by Carlos Santos
Carlos photographed this horizon line at 19:39 pm on
the Semptember 5th, 2007 on the beach of Furadouro in Ovar, Portugal.

Superior mirage detail - photo by Carlos Santos

Superior Mirage
 Formation of superior mirage (source: Sechrist et al. 1989)


Superior gambar bisa tegak atau terbalik, tergantung pada jarak dari obyek yang benar dan gradien suhu. Seringkali muncul gambar sebagai campuran menyimpang dari atas dan ke bawah bagian.

The fatamorgana adalah fatamorgana yang kompleks di mana objek yang jauh terdistorsi serta memanjang vertikal. Misalnya, garis pantai yang relatif datar mungkin tampak memiliki tebing tinggi, kolom, dan tiang. Fenomena ini banyak terjadi di bawah kondisi meteorologi sama dengan fatamorgana unggul dengan inversi, dan berisi fitur dari kedua menjulang dan inversi.



source : world-mystery

0 comments:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More